Jumat, 28 Oktober 2011

BENTENG PENDEM
yang letaknya bersebelahan persis dengan Teluk Penyu, semua penduduk pasti tahu lokasi benteng ini.
Benteng yang dibangun oleh Belanda antara 1861-1879 M ini memilki luas asli 10,5 hektare. Namun ternyata, seluas 4 hektare diambil oleh Pertamina untuk pembangunan salah satu fasilitasnya di daerah tersebut.


Benteng ini sempet terpendam tanah beberapa waktu lamanya, sebelum akhirnya ditemukan pada 1986 dan mulai digali pada 1987. Semenjak itu, benteng dibuka untuk para pengunjung dan para peneliti.
Langit sore yang mendung dan mulai temaram membuat suasana khas benteng kuno terlihat gagah, misterius, seram, sekaligus indahBenteng ini juga sebagai saksi kekejaman perang dan militer Belanda terhadap pejuang Indonesia. Dibuktikan dengan adanya ruangan-ruangan sempit rang disebut sebagai penjara duduk. Dulunya, pejuang Indonesia yang tertangkap dijebloskan ke dalam penjara yang hanya bisadimasuki satu orang dalam posisi duduk membungkuk. Selain itu, ada juga ruang tempat para tahanan Belanda dieksekusi. "Mayatnya tidak dikubur, tetapi dibuang langsung ke pantai. Ruangan eksekusi menjadi tempat paling angker dari benteng ini," tutur Agung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar